Thursday, 28 July 2011

Cara Setting Bahasa Jepang di Windows 7


                Apakah anda kamu penggemar anime? Apakah kamu menyukai drama Jepang? Apakah kamu pecinta komik Jepang? Ataukah kamu satu sekolah dengan saya? Dari berbagai aktifitas diatas, mungkin kamu sudah tidak asing dengan bahasa Jepang. Bahkan mungkin ada banyak diantara teman-teman yang mampu menulis dan berbahasa jepang. Baik dalam hiragana, katakana maupun kanji. Pernahkah kamu terpikir untuk menulis sebuah kata atau kalimat dalam bahasa Jepang menggunakan computer/laptop? Mungkin ada orang yang bilang tidak mungkin, karena di keyboardmu hanya tertera huruf romaji. Nah, buat temen-temen yang mau setting bahasa Jepang menggunakan Windows 7 gini langkahnya:
1.       Kita buka Control Panel. Lalu pilih “Clock, Language, and Region” atau langsung saja pilih “change keyboards or other input methods”
2.       elah masuk, pilih “Keyboards and Languages” Lalu, klik “change keyboards”












3.       Jepang6.jpgJepang5.jpgKalo udah masuk, klik pada bagian “add”. Trus, pilih “Japanese”. Pada sub “keyboard” centang pada bagian “Japanese” dan “Microsoft IME”. Pada sub “other” centang “Ink Correction”. Lalu klik “apply” dan “ok”


Jepang4.jpg



















4.       Jepang alt+shift.jpgPastikan saat memilih shortcut untuk mengkonvers ibahasa adalah Alt+Shift pada “Advanced Key Settings”, dan shortcut untuk merubah huruf romaji-hiragana-katakana adalah mengggunakan tombol Alt+~. Setelah itu, di apply lalu OK.

















5.       jepang7.jpgSekarang kamu bisa mulai menuilis bahasa Jepang di computer/laptop. Gak usah bingung nentuin letak sehuruf-sehuruf tulisan jepangnya. Cukup Alt+Shift, makamuncul logo bahasa di taskbar. Setelah itu, Shift+~ untuk merubah “half-width alphanumeric” menjadi hiragana. Contohnya, nama Andhika ditulis menggunakan romaji, hiragana, dan katakana.







6.       Catatan: Untuk pemisahan kata, harus didahului dengan menggunakan Enter, baru dilanjut Spasi. Karena jika langsung menggunakan spasi di akhir/tengah kata, fungsinya untuk merubah huruf (hiragana menjadi katakana & kanji, atau sebaliknya)

Asli, 100% non copas……. ありがとうございます。。。。。。
               

0 comments: